Belajar Dasar HTML untuk Pemula


Belajar Dasar HTML untuk Pemula
HTML merupakan bahasa yang digunakan untuk mendesain atau membuat halaman website. HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Mark up Languange. Yuk kita belajar dasar-dasar HTML, seperti di mana menulis kode HTML, cara menyimpannya, cara menampilkannya di Browser serta bagaimana sintaks kode HTML ini

Di Mana Menulis Kode HTML

Di mana sih kita bisa menulis kode-kode HTML? Kita bisa menulisnya di teks editor seperti Notepad, atau bisa langsung di program pembuat website seperti DreamWeaver.
File HTML biasanya berekstensi .html atau .htm atau bisa juga berakhiran .php, .asp dan sebagainya jika anda melakukan pemograman website dari sisi server seperti PHP atau ASP

Sintaks Kode HTML

Kode HTML atau biasa juga disebut tag HTML ditulis di antara kurung siku < dan >, contoh <html>, <body> dan sebagainya.
Biasanya kode HTML ada pembuka atau penutup, contoh pembuka <html> maka ditutup atau diakhiri dengan </html>, di mana terdapat garis miring di tag HTMLnya.

Struktur Halaman website menggunakan HTML

Dalam membuat desain halaman website menggunakan HTML terdiri 2 bagian, yaitu:
  • Biasanya kode HTML ditulis di antara tag <html> dan </html>
  • Kepala atau header, biasanya ditulis di antara tag <head> dan </head>. Bagian header ini tidak akan ditampilkan di halaman browser, biasanya hanya berupa informasi yang berguna bagi serach engine atau juga informasi yang berguna bagi browser kita.
  • Badan atau body, biasanya ditulis di antara tag <body> dan <body>. nah di sinilah kita mulai mendesain atau membuat halaman website kita yang biasa kita lihat di browser kita
OK daripada bingung-bingung, langsung saja kita lihat contoh kode HTML

Contoh Kode HTML

OK pertama-tama bukalah Notepad di komputer anda dan tulislah kode HTML berikut:
<html>

<head>
<title>Belajar Website</title>
</head>

<body>
Hai, teman-teman aku belajar website
</body>

</html>
Lalu simpanlah kode tersebut dengan nama belajar.html, jangan lupa pada bagian Save as type pilih All Files (*.*). Setelah selesai disimpan, bukalah file tadi, maka hasilnya seperti berikut:
Belajar HTML 1
Ok, coba perhatikan tulisan Belajar Website, tidak ditampilkan di halaman website, tetapi di bagian headernya browser sebagai informasi bagi pengguna.
Nah bagaimana teman-teman..gampang kan? ok kita akan lanjut mengenai cara memformat tulisan di HTML


Sumber : Web Development - drzpost.com 

No comments:

Post a Comment