kurikulum SMK Globe National Plus

E-mail Cetak
Kurikulum Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Globe National Plus
Pendidikan kejuruan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan peserta didik untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan program kejuruannya. Agar dapat bekerja secara efektif dan efisien serta mengembangkan keahlian dan keterampilan, mereka harus memiliki stamina yang tinggi, menguasai bidang keahliannya dan dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki etos kerja yang tinggi, dan mampu berkomunikasi sesuai dengan tuntutan pekerjaannya, serta memiliki kemampuan mengembangkan diri. Struktur kurikulum pendidikan kejuruan  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diarahkan untuk mencapai tujuan tersebut. SMK GLOBE National Plus dalam hal ini membuka  Bidang Keahlian sbb :
Bidang Keahlian
Program Studi Keahlian
Kompetensi Keahlian
Tehnologi Informasi Komunikasi
Teknik Komputer & Informatika
Rekayasa Perangkat Lunak
Seni, Kerajinan & Pariwisata
Pariwisata
Akomodasi Perhotelan
Bisnis & Manajemen
Keuangan
Akuntansi
Bisnis & Manajemen
Tata Niaga
Pemasaran
Kurikulum SMK GLOBE berisi Kelompok Mata Pelajaran Norimatif Adaptif, Produktif, Muatan Lokal, dan Pengembangan Diri.

a. Kelompok Mata Pelajaran Normatif

Kelompok mata pelajaran  normatif  adalah kelompok mata diklat yang berfungsi membentuk peserta didik menjadi pribadi utuh, yang memiliki norma-norma kehidupan sebagai makhluk individu maupun makhluk social, baik sebagai warga Negara Indonesia maupun sebagai warga dunia. Program normatif diberikan agar peserta didik bisa hidup dan berkembang selaras dalam kehidupan pribadi, sosial dan bernegara. Program ini berisi mata diklat yang lebih menitikberatkan pada norma, sikap dan perilaku yang harus diajarkan, ditanamkan, dan dilatihkan pada peserta didik, di samping kandungan pengetahuan dan keterampilan yang ada di dalamnya. Kelompok Mata Pelajaran normatif  berlaku sama untuk semua program keahlian. Adapun mata pelajaran terdiri atas :  Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Pendidikan Jasmani, Olahraga & Kesehatan, Pendidikan Seni Budaya.

b. Kelompok Mata Pelajaran Adaptif

Kelompok Mata Pelajaran adaptif adalah kelompok mata diklat yang berfungsi membentuk peserta didik sebagai individu agar memiliki dasar pengetahuan yang luas dan kuat untuk menyelesuaikan diri atau beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di lingkungan sosial, lingkungan kerja serta mampu mengembangkan diri sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Program adaptif berisi mata diklat yang lebih menitikberatkan pada pemberian kesempatan kepada peserta didik untuk memahami dan menguasai konsep dan prinsip dasar ilmu dan teknologi yang dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari dan atau melandasi kompetensi untuk bekerja.
Program adaptif diberikan agar peserta didik tidak hanya memahami dan menguasai “ apa “ dan “ bagaimana “ suatu pekerjaan dilakukan, tetapi memberi juga pemahaman dan penguasaan tentang “ mengapa “ hal tersebut harus dilakukan. Program adaptif terdiri dari kelompok mata diklat yang berlaku sama bagi semua program keahlian dan mata diklat yang hanya berlaku bagi program keahlian tertentu sesuai dengan kebutuhan masing-masing program keahlian.  Adapun mata pelajaran terdiri megliputi Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS, Kewirausahaan, Keterampilan Komputer & Pengelolaan Informasi.

c. Kelompok Mata Pelajaran Produktif

Kelompok Mata Pelajara produktif adalah kelompok mata diklat yang berfungsi membekali peserta didik agar memiliki kompetensi kerja sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Dalam hal SKKNI belum ada, maka digunakan standar kompetensi yang disepakati oleh forum yang di anggap mewakili dunia usaha/industri atau asosiasi profesi. Program produktif bersifat melayani permintaan pasar kerja, karena itu lebih banyak ditentukan oleh dunia usaha / industri atau asosiasi profesi. Program produktif diajarkan secara spesifik sesuai dengan kebutuhan tiap program keahlian.

Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas, potensi daerah, dan prospek pengembangan daerah termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan sesuai dengan program keahlian yang diselenggarakan.

Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler.
Kegiatan ini dilaksanakan di luar waktu belajar sekolah.   SMK Globe National Plus
melaksanakan  kegiatan Ekstra Kurikuler antara lain sebagai berikut :
  • Musik
  • Futsal
  • Basket
  • Renang
  • Bahasa Jerman
  • Bahasa Jepang
  • Pramuka (Ekstra Wajib)
  • Balet
Lain lain :
Hari Sabtu Kegiatan Luar Sekolah akan di isi dengan Kegiatan  Tutur Sebaya , yaitu proses belajar  dimana siswa yang lemah wajib belajar  bersama siswa yang yang pintar yang ditentukan oleh sekolah untuk belajar bersama dan memecahkan masalah pelajaran dituntun guru bidang studi ybs.
Bidang Studi pelajaran adalah pelajaran yang  masih sulit untuk dipahami siswa seperti Bahasa Inggris, Matematika,dan kelompok mata pelajaran produktif.
Waktu Belajar diatur Mulai Pukul 08.00 – 12.00.

d. Vocational Program ( Program Keahlian ) SMK GLOBE National Plus
Program Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak
Secara khusus tujuan Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:
  • menginstalasi software aplikasi spesifik.
  • mengoperasikan software aplikasi spesifik.
  • merawat software aplikasi spesifik.
  • membangun software aplikasi spesifik
  • mengelola usaha di bidang pembuatan software aplikasi.
Program Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan
Bertujuan membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:
  • Melaksanakan pekerjaan di lingkup Front Office sebagai Reception, Reservation,  Telephone Operator, dan Porter;
  • Melaksanakan pekerjaan di lingkup Housekeeping sebagai Public Area   Attendant, Room Attendant, Order Taker, Linen & Uniform Attendant dan Laundry Attendant.
Program Kompetensi Keahlian Akuntansi
Program Kompetensi Keahlian Akuntansi bertujuan menyiapkan siswa/ tamatan :
  • Memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap profesional dalam lingkup keahlian Bisnis dan Manajemen, khususnya Akuntansi. Mampu memilih karir, mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri dalam lingkup keahlian Bisnis dan Manajemen, khususnya Akuntansi.
  • Menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini maupun masa yang akan datang dalam lingkup keahlian Bisnis dan Manajemen, khususnya Akuntansi.
Program Kompetensi Keahlian Pemasaran
Program Kompetensi Keahlian Pemasaran membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:
  • menata produk
  • melakukan negosiasi
  • melakukan konfirmasi keputusan pelanggan
  • melakukan proses administrasi transaksi
  • menyiapkan dan mengoperasikan peralatan transaksi dilokasi penjualan
  • melakukan penyerahan dan pengiriman produk
  • menagih pembayaran (hasil penjualan)
  • menemukan peluang baru dari pelanggan
  • memiliki kemandirian tangguh sebagai usahawan
Praktek Kerja Lapangan
SMK Globe National Plus akan  menjalin hubungan kerjasama dengan institusi pasangan kerja dari Dunia Usaha dan Dunia Industri guna mewadahi Praktek Kerja Siswa. Sehingga diharapkan tercipta tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan. Memperkokoh link and match antara SMK dan dunia kerja , meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas, memberi pengakuan  dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.       

Dengan fasilitas gedung yang megah, Ruang kelas, Laboratorium/Workshop  dan fasilitas penunjang yang  memadai, serta didukung tenaga guru dan karyawan yang profesional dan berdedikasi tinggi, serta Kurikulum Kompetensi Kejuruan yang memenuhi Standar kompetensi kerja di dunia kerja maupun untuk menapaki jenjang Pendidikan yang lebih tinggi lagi, maka SMK Globe National Plus siap menghadapi segala tantangan dan persaingan yang semakin ketat dan kompetitif.

No comments:

Post a Comment